Refund Policy

KEBIJAKAN PEMBATALAN / PERTUKARAN / PENGEMBALIAN BARANG / DANA

 

  1. Pembatalan

 

1.1  Pembeli dapat membatalkan pembeliannya sebelum Barang dikirimkan. Jika pengajuan permohonan untuk pembatalan dilakukan saat Barang sedang dikirim, maka pengajuan tersebut harus diproses melalui prosedur pengembalian (bukan melalui prosedur pembatalan).

 

1.2  Setiap pengajuan pembatalan dari Pembeli yang sudah menyelesaikan pembayaran, pembeli harus segera memberi tahu ke bagian layanan pelanggan Nowme, dan harus di selesaikan dalam waktu 24 jam.

 

1.3  Setiap pengajuan untuk pembatalan, yang dilakukan pada saat Barang sedang dipersiapkan untuk pengiriman, harus segera diselesaikan pada prinsipnya. Namun, jika Barang telah dikirim, Pembeli bertanggung jawab atas biaya pengiriman dua arah.

 

  1. Pertukaran / Pengembalian Barang

 

2.1  Pembeli dapat mengajukan permohonan untuk pengembalian atau pertukaran Barang dalam waktu tujuh (7) hari dari tanggal pengiriman Produk. Hukum dan peraturan terkait akan berlaku selama ketentuan transaksi yang diberikan oleh Penjual sehubungan dengan hal-hal umum yang berkaitan dengan pengembalian Barang.

 

2.1.1       Pembeli hanya boleh mengajukan permohonan pertukaran / pengembalian Barang dalam situasi berikut:

  1. Tidak layak untuk digunakan atau cacat dan/atau rusak saat diterima;
  2. Berbahaya untuk penggunaan normal;
  3. Tidak memberikan instruksi yang memadai untuk penggunaannya, atau;
  4. Penjual telah mengirimkan barang yang tidak sesuai dengan spesifikasi (misalnya salah ukuran, warna, dsb.) kepada pembeli.

 

2.1.2       Pembeli tidak berhak mengajukan permohonan pertukaran / pengembalian Barang dalam hal – hal berikut:

  1. Kerusakan barang yang disebabkan oleh Pembeli;
  2. Nilai barang berkurang secara signifikan yang disebabkan oleh penggunaan sebagiannya oleh Pembeli;
  3. Sudah melewati masa pengembalian;
  4. Berubah pikiran.

 

2.1.3       Ketentuan pertukaran dan/atau pengembalian Barang sebagai berikut:

  1. Pakaian dalam tidak dapat ditukar atau dikembalikan dengan alasan apapun.
  2. Barang yang mudah rusak (makanan atau produk segar) dan barang kosmetik (perawatan tubuh & perawatan kulit, makeup) tidak dapat dikembalikan atau ditukar jika telah dikonsumsi sebagian atau digunakan.
  3. Barang fesyen (termasuk sepatu dan aksesoris) dapat ditukar jika ada ketidaksesuain pada warna dan ukuran. Namun, jika barang yang dikembalikan untuk ditukar adalah kotor, rusak atau menunjukkan bentuk keausan, pertukaran atau pengembalian tidak akan dipertimbangkan.
  4. Barang yang bergaransi, barang digital (Smart TV, tablet, ponsel, printer foto, kamera digital) tidak dapat ditukar atau dikembalikan jika segel asli rusak ATAU jika tidak ada segel dan kemasan asli dibuka, maka pengembalian atau pertukaran barang tidak diizinkan.
  5. Barang tidak bisa ditukar atau dikembalikan jika persyaratannya tidak tertera pada kartu garansi.
  6. Status yang tertera pada halaman produk tercantum bahwa tidak ada pertukaran dan/atau pengembalian barang.

 

2.1.4       Dalam hal Perusahaan menerima permohonan pertukaran atau pengembalian barang dari Pembeli, Perusahaan akan segera memberitahukan kepada Penjual.

 

2.1.5       Semua biaya yang diperlukan seperti biaya pengiriman untuk pertukaran atau pengembalian harus ditanggung oleh pihak yang mengajukan.

 

2.1.6       Dalam hal nomor faktur tidak terindikasi pada saat permintaan pengembalian barang dibuat, maka segala proses penanganan dapat ditunda.

 

2.1.7       Dalam hal permohonan pertukaran barang dibuat dan Penjual tidak memiliki persediaan Barang, dalam hal ini permintaan tersebut akan ditangani sebagai pengembalian Produk.

 

2.1.8       Pembeli bertanggung jawab atas semua biaya yang timbul sehubungan dengan setiap pertukaran yang dilakukan, kecuali jika pertukaran yang dilakukan karena cacat pada Produk, dalam hal ini, Penjual bertanggung jawab atas biaya pengiriman.

 

2.1.9       Penjual bertanggung jawab atas kehilangan barang yang timbul dari pengiriman yang dilakukan oleh perusahaan pengiriman yang telah ditunjuk oleh Penjual.

 

2.1.10     Penjual hanya menukarkan barang yang rusak atau cacat. Dalam keadaan di mana Pembeli menganggap bahwa barang tersebut rusak atau cacat, harus segera menghubungi bagian keluhan pelanggan kami di customer@nowme.id disertai dengan perincian barang yang rusak atau cacat dan hasil video pada saat pembukaan paket.

 

 

  1. Pengembalian Dana

 

3.1  Dalam hal Penjual mengkonfirmasi pesanan Pembeli atau gagal melaksanakan prosedur pengiriman untuk jangka waktu yang cukup lama setelah konfirmasi pembayaran, Pembeli dapat membatalkan transaksi, dan pembayaran akan dikembalikan kepada Pembeli.

 

3.2  Dalam hal Penjual gagal melakukan atau menunda prosedur untuk mengkonfirmasi pertukaran atau permintaan pengembalian yang dibuat oleh Pembeli, Perusahaan dapat membatalkan transaksi setelah mengetahui penyebab penundaan pertukaran atau permintaan pengembalian tersebut dan dapat mengembalikan pembayaran dana kepada Pembeli.

 

3.3  Dalam hal permohonan permintaan atau pertukaran Barang dari Pembeli tidak dapat dibuktikan kebenarannya, Perusahaan dapat membatalkan permohonan tersebut dan melepaskan pembayaran kepada Penjual. Selain itu, jika Pembeli gagal mengembalikan Barang, atau tidak dapat dijangkau (melalui telepon, email, dll.), dalam waktu tujuh (7) hari sejak tanggal permohonan pertukaran atau pengembalian, dianggap bahwa Pembeli telah mencabut permintaannya dan Perusahaan dapat melepaskan pembayaran kepada Penjual.

 

3.4  Pembatalan transaksi, yang pembayarannya telah dikonfirmasi oleh Pembeli. Perusahaan akan melakukan pengembalian dana kepada Pembeli dalam waktu lima (5) hari kerja sejak tanggal di mana transaksi dibatalkan. Dalam hal pembatalan transaksi yang pembayarannya dilakukan melalui kartu kredit, pembatalan pembayaran juga akan di proses sesuai prosedur.

© NowMe 2020
Stay Connected